9 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Gigi

img
Kerusakan pada gigi biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen dan sejenisnya. Pada kenyataannya segala makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat gigi berlubang. Bagaimana cara mengatasinya?

Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam sehingga merusak email gigi dan membuatnya berlubang. Oleh sebab itu Anda harus rajin melakukan perawatan gigi. Di bawah ini beberapa tips untuk meminimalisir jumlah asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi, dilansir dari She Knows.

1. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Selain karbohidrat Anda juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat.

2. Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 – 40 menit.

3. Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tamabahan. Termasuk juga memakan permen lollipop.

4. Bila memungkinkan minumlah air yang mengandung florida. Air dan florida akan membantu membersihkan dan melindungi gigi.

5. Jangan membiarkan bayi terlalu lama menggunakan botol susu. Kebiasaan ngedot ini akan membuat gigi terlalu lama terkena karbohidrat sehingga merusak gigi si kecil. Gantilah isi botol susunya dengan air putih, dan biasakan ia minum susu dari gelas.

6. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari. Namun, bila memungkinkan sikat gigi setelah makan akan membantu menghilangkan plak yang dapat menciptakan asam.

7. Untuk permukaan gigi yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan benang gigi setiap sekali atau dua kali sehari.

8. Berhentilah merokok. Tembakau akan meningkatkan resiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya.

9. Dan yang terakhir, rajinlah memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi.

Sumber : WolipopDetik

Ditulis Oleh : Mr.djawa Hari: 00.03 Kategori:

Mr.djawa

Artikel 9 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Gigi ini diposting oleh Mr.djawa . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Poskan Komentar